Macam-macam Aplikasi IDE Untuk Pemrograman C++

Saat kita ingin membuat program, kita butuh yang namanya sebuah aplikasi sebagai alat bantu untuk menulis kode-kode bahasa pemrograman, mengkompilasinya menjadi sebuah program, ataupun mendeteksi kesalahan yang mungkin saja bisa terjadi saat koding.

IDE (Integrated Developer Environtment) adalah istilah untuk program komputer yang dibuat untuk memudahkan pekerjaan programmer. Fungsi IDE ini sendiri adalah menyediakan berbagai fasilitas serta utilitas dalam rangka untuk membangun sebuah perangkat lunak. IDE biasanya memiliki fasilitas dasar sebagai berikut.
  • Editor, tempat untuk menulis dan mengedit kode-kode.
  • Compiler, alat penerjemah agar kode-kode yang dituliskan bisa dibaca oleh komputer.
  • Debugger, alat untuk membantu programmer dalam mengoreksi kesalahan penulisan kode.

Baca juga: Cara menghasilkan uang dari internet dengan mengikuti survey online di Mobrog

Kebanyakan IDE modern sekarang, sudah dilengkapi dengan fasilitas Intelligent Code Completion atau bisa diartikan sebagai Pengkoreksi Pintar Kode, yang akan otomatis mengoreksi kesalahan penulisan kode pada saat itu juga. Misal kita ingin mengetik kata "jejak" namun pada saat pengetikan kita malah menulis "jjeak", maka pada saat selesai penulisan kata tersebut, kata "jjeak" tadi akan otomatis berubah jadi "jejak".

Integrated Developer Environtment C++

Pada jaman dahulu, programmer tidaklah dimanjakan seperti sekarang. Dulu para programmer sebelum membuat program mereka membuat rancangan flowchart sematang-matangnya sebelum dimasukkan ke compiler untuk diubah menjadi sebuah program yang bisa dijalankan. Semua proses itu dilakukan dengan manual tanpa ada debugger yang mengoreksi kesalahan yang mungkin saja bisa terjadi saat penulisan kode tadi.

Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin berkembang pesat begitu juga dengan IDE. Tujuan diciptakan IDE modern seperti masa sekarang ini adalah untuk memaksimalkan produktifitas programmer. Dengan tersedianya berbagai fasilitas yang mendukung kinerja para programmer, terbukti perkembangan teknologi sangatlah pesat pada jaman sekarang.

Berikut ini adalah daftar macam-macam IDE yang biasa digunakan oleh programmer C++ untuk membuat sebuah program.

Daftar Aplikasi IDE untuk C++


Dari sekian banyak pilihan IDE yang ada di dalam daftar tersebut, saya sendiri lebih senang menggunakan Dev-C++ karena tampilannya yang simpel serta mudah dipahami cara penggunaannya. Namun bukan berarti aplikasi IDE yang lain tidak bagus, setiap aplikasi punya kelebihannya masing-masing, tinggal kitalah sebagai user yang memilih mana aplikasi IDE yang nyaman dan cocok untuk dipakai.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam-macam Aplikasi IDE Untuk Pemrograman C++"

Post a Comment