Berkenalan dengan "Flat Design" yang Sedang Populer

Siapa sih yang tidak tahu atau masih asing dengan desain flat atau flat user interface? yap desain dengan gaya flat kini sedang sangat populer dan banyak digunakan, misalnya di aplikasi-aplikasi smartphone, operating system, website dan bahkan logo pun dibuat dengan gaya desain flat.

Buktinya website besar seperti google, twitter, facebook lalu sistem operasi besar seperti Microsoft Windows pun menggunakan flat. Apa arti flat itu? flat adalah bahasa inggris, yang apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah datar atau rata. Ciri khas dari gaya desain flat ini adalah desainya yang sederhana, yakni desain yang biasanya tidak menggunakan banyak warna dalam satu elemen. Warna yang digunakan biasanya warna warni, hanya saja dengan saturasi yang rendah atau bisa kita sebut warna apa saja hanya saja sedikit pudar (bisa dibilang tidak terang dan sedikit dibubukan warna putih). Kali ini saya akan membahas beberapa hal tentang desain flat ini.

flat design populer

Mengapa desain dengan gaya flat ini begitu populer?

Memang secara fakta desain ini sangat populer, anda pun pasti sering sekali menjumpai desain dengan gaya flat ini. Lantas mengapa bisa begitu populer akhir-akhir ini? Berikut ini adalah alsan-alasannya.

1. Nyaman dipandang

Yap desain flat ini memang nyaman dipandang, karena desain dengan gaya ini tidak menggunakan banyak warna, maka mata pun hanya fokus pada satu warna. Lalu warna-warna flat ini biasanya agak pudar dan tidak pernah terlalu terang atau terlalu gelap, maka membuat mata kita nyaman juga. Bentuknya pun biasanya tidak rumit, misalnya hanya kotak atau hanya bulat, sederhana saja.

2. Cocok dengan media penampil

Penampil disini saya tujukan kepada layar laptop, hp, tablet atau semacamnya. Mengapa saya bilang cocok? karena menurut analisis saya layar juga datar, maka desain yang datar akan sesuai dengan media penampilnya, bisa dibilang memang seharusnya sesuatu yang dilayar itu datar.

3. Mudah dibuat

Yap desain dengan gaya flat ini memang mudah dibuat. Karena banyak pengguna tertarik dan suka desain flat ini, maka banyak juga yang ingin membuatnya, dan karena membuatnya mudah, maka semakin banyak yang tertarik. Mengapa saya sebutkan mudah? karena desain dengan gaya ini hanya membutuhkan sedikit warna dan layout atau tata letak yang tidak rumit

Bagaimana cara membuat desain dengan gaya flat?

Nah setelah saya beri beberapa penjelasan diatas, anda pasti sudah mulai mengerti kan desain flat itu seperti apa? nah sekarang saya akan memberikan beberapa tips dalam cara pembuatanya.

1. Pemilihan warna

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, warna dalam desain flat itu biasanya warna yang tidak terang atau tidak gelap, lalu biasanya pudar. Apabila anda ingin warna yang mudah, anda bisa kunjungi website flatuicolors.com disana banyak tersedia warna-warna yang biasanya digunakan dalam desain flat.

2. Membuat tata letak atau layout

Diatas saya sudah menyebutkan bahwa biasanya bentuk-bentuk di desain flat itu sederhana. Untuk tata letak biasanya letaknya teratur dan rapi. mungkin anda bisa melihat contoh-contoh desain flat dibawah ini supaya lebih mengerti.

Contoh-contoh inspirasi desain flat


model flat 1 model flat 2 model flat 3 model flat 4 model flat 5 model flat 6

Sampai disini anda mungkin sudah mulai sedikit paham mengenai desain flat tersebut. Karena keterbatasan waktu dan niat juga, untuk lebih menambah pengetahuan anda bisa lebih mencari tahu lagi mengenai desain flat ini di tempat-tempat lainnya.

Semoga bermanfaat bagi sobat-sobat sekalian.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berkenalan dengan "Flat Design" yang Sedang Populer"

Post a Comment