4 Aplikasi IDE Kompiler C/C++ yang Bisa Digunakan di Android

C/C++ merupakan bahasa yang populer dan sering digunakan untuk pembelajaran pemrograman di tingkat sekolah menengah dan perguruan tinggi.

Bahasa ini tergolong bahasa pemrograman tingkat tinggi karena mudah dipelajari dan dimengerti oleh manusia sebagai programmer. Selain itu,C/ C++ juga digunakan sebagai bahasa awal untuk dipelajari sekaligus sebagai batu loncatan untuk mempelajari bahasa pemrograman ke tingkat yang lebih tinggi.

Biasanya kita menggunakan Laptop/PC yang kita miliki untuk menuliskan kode-kode pemrograman C/C++ atau yang lebih populer disebut koding. Namun karena kemajuan teknologi yang pesat sekarang, smartphone android yang anda miliki pun juga bisa digunakan untuk koding C++. Tentu saja untuk melakukannya kita memerlukan aplikasi IDE dan kompiler.

C/C++ di android

Baca juga: Tanpa Disadari, Perlahan Teknologi Smartphone Mengambil Alih Kehidupan Kita

Lalu apa sajakah aplikasi tersebut? Berikut adalah 4 aplikasi IDE kompiler yang bisa digunakan untuk pemrograman C/C++ di Android.

1. CppDroid - C/C++ IDE

CppDroid merupakan aplikasi IDE kompiler C/C++ yang bisa berjalan di platform Android. Tampilannya yang simpel serta ukurannya yang tidak terlalu besar adalah alasan mengapa aplikasi ini cocok untuk kalian. Dan yang paling penting lagi adalah aplikasi ini GRATIS. Mari kita lihat fitur-fitur yang ada di dalam CppDroid.
  • Real time diagnostic and fixes, adalah fitur yang menampilkan kesalahan kode secara real time (ditampilkan terus-menerus selama anda menulis kode).
  • Smart syntax highlighting, auto indentation, and auto pairing. Yaitu fitur pewarnaan teks otomatis, pengaturan jarak antar baris yang otomatis sehingga kode terlihat rapi, serta penulisan tanda seperti {} yang otomatis tersambung sendiri sehingga penulisan kode bisa lebih cepat.
  • Bisa Mengkompilasi dan menjalankan program C/C++ (tanpa akses root).
  • Bekerja secara offline (tidak memerlukan koneksi internet), serta didukung oleh penyimpanan Dropbox.
  • Terdapat juga fitur untuk belajar C/C++ secara mandiri.

Anda bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis melalui Google Play. Setelah di instal, jangan matikan dulu koneksi internet karena CppDroid akan melakukan download otomatis untuk melengkapi data-data di dalamnya.

Download CppDroid - C/C++ IDE dari Google Play

2. CxxDroid - C++ Compiler IDE for Mobile Development

CxxDroid adalah aplikasi kompiler C/C++ yang hampir mirip dengan CppDroid. Perbedaan yang bisa saya lihat adalah pada saat aplikasi mulai pertama kali, tidak ada sesi download data. Selanjutnya untuk masalah fitur juga hampir sama dengan CppDroid tadi. Hanya saja tidak terdapat fitur real time diagnostic and fixes.

Download CxxDroid - C++ Compiler IDE for Mobile Development dari Google Play

3. AIDE - IDE for Android Java C++

AIDE adalah aplikasi IDE (Integrated Development Environtment) yang biasa digunakan untuk mengembangkan aplikasi android langsung dari perangkat android. Jika kamu adalah seorang developer aplikasi android, maka AIDE adalah pilihan yang cocok untuk kamu. Aplikasi ini juga mendukung bahasa pemrograman C/C++. Singkatnya, AIDE adalah sebuah aplikasi IDE lengkap yang bisa melakukan pemrograman android, java, C, dan C++ langsung di dalam smartphone. Tersedia juga fitur pembelajaran untuk Pengembangan sistem android dan pemrograman Java. Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play.

Download AIDE - IDE for Android Java C++ dari Google Play

4. C4droid - C/C++ Compiler & IDE

C4droid dalah aplikasi IDE Kompiler C/C++ paling populer dan user-friendly untuk Android. Tidak seperti aplikasi lainnya yang sudah dijelaskan di atas, C4droid adalah aplikasi berbayar. Tentu saja yang namanya paid-app memiliki keunggulan sendiri dibandingkan aplikasi sejenis yang gratis. Berikut adalah fitur-fitur yang dimiliki C4droid.
  • Kamu bisa membuat aplikasi sendiri dan langsung dijalankan di android tanpa koneksi internet.
  • Editor source kode dengan dukungan syntax highlighter, code completion, file association, dan undo/redo.
  • Kemudahan untuk mengekspor dan membagikan program anda sebagai APK atau native executables (hanya berjalan di aplikasi terminal).
  • Tidak memerlukasn akses root.
  • Dukungan penuh terhadap ANSI C dan ISO C99 dengan TCC (Tiny C Compiler) + uClibc.
  • Dukungan terhadap integrasi Git.
  • Tampilan GUI yang bisa di kustomisasi, seperti memilih dimana harus meletakkan tombol dan tab, serta dukungan terhadap berbagai macam tema.

Download C4droid - C/C++ Compiler & IDE dari Google Play

Itulah tadi Aplikasi IDE Kompiler C/C++ yang bisa digunakan pada Android. Anda bisa memilih salah satu yang anda rasa lebih cocok dan nyaman untuk digunakan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Aplikasi IDE Kompiler C/C++ yang Bisa Digunakan di Android"

Post a Comment