Cara Membersihkan Layar dan Bodi Laptop yang Kotor dengan Benar

Kita sering menggunakan laptop untuk kegiatan sehari-hari, seperti mengerjakan tugas kuliah, membuat presentasi, browsing di internet, dll. Di saat kita sedang asyik-asyiknya berinteraksi dengan laptop, tanpa kita sadari lama-kelamaan laptop akan menjadi kotor.

Debu-debu yang ada di rumah melekat di layar dan keyboard laptop, tangan yang berminyak sehabis makan gorengan yang tidak dicuci dulu yang pada akhirnya melekat di touchpad dan keyboard laptop, dan hal-hal lainnya yang membuat laptop kita menjadi tampak kotor dan berkilau (karena minyak gorengan).

Jika sudah seperti itu, maka laptop perlu perawatan. Laptop perlu dibersihkan dari debu-debu, kotoran, hingga minyak yang melekat di layar dan bodi laptop. Namun cara membersihkannya pun tidak sembarangan.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial kepada anda bagaimana cara membersihkan layar dan bodi laptop yang kotor dengan benar.

Namun sebelum itu, ada bahan-bahan yang perlu kamu siapkan diantaranya adalah:
  1. Laptop
  2. Cairan pembersih khusus
  3. Lap
  4. Kuas
Peralatan Membersihkan Laptop

Untuk laptop, saya anggap kalian sudah punya semua oke. Namun bagaimana dengan cairan pembersih khusus, lap, dan kuas? Dimanakah harus mencarinya?

Untuk ketiga bahan itu, anda bisa mendapatkan sekaligus dengan membelinya di toko komputer terdekat. Loh emang ada? Ada dong... Bilang saja pada penjaga toko nya begini "Mas/mbak, ada pembersih laptop gak?" Biasanya mas atau mbak penjaga toko langsung tau barang yang dimaksud.

Baca juga: Cara Submit Artikel Blog ke Bing dan Google Webmaster

Di dalam pembersih laptop itu sudah tersedia lengkap, ada cairan pembersih khusus, lap, dan kuas. Harganya pun tidak terlalu mahal. Sekitaran 5 ribu untuk yang ukuran kecil hingga 50 ribu untuk yang ukuran besar. Kalau saya beli yang ukuran sedang seharga 15 ribu seperti pada gambar di bawah ini.


Setelah semua bahan lengkap, sekarang saatnya kita berlanjut ke langkah-langkah cara membersihkan laptop.

Cara Membersihkan Layar dan Bodi Laptop yang Kotor dengan Benar

  1. Siapkan semua bahan dan bawa ke tempat yang cukup bersih dan tidak banyak debu.
  2. Gunakan kuas untuk membersihkan debu dari bodi laptop. Mulai dari bagian bawah, USB, lobang speaker, ventilasi, sela-sela keyboard, touchpad, pinggiran layar, dan bagian atas laptop.
  3. Buka penutup cairan pembersih, lalu semprotkan ke lap. Semprot sedikit saja kira-kira 2-4 kali semprotan sudah cukup, lalu Gunakan lap untuk membersihkan bagian layar laptop. Bersihkan dengan cara menggosok dengan lembut.
  4. Jika diperlukan, bersihkan juga bagian bodi laptop yang permukaannya licin dengan lap pembersih.
  5. Cek kembali apabila masih ada bagian laptop yang kurang bersih.
  6. Setelah dirasa bersih, bawa kembali laptop dan simpan peralatan ke tempatnya semula.

Itulah tadi artikel mengenai cara membersihkan layar dan bodi laptop, sangat gampang bukan? Lakukan perawatan kebersihan pada laptop minimal 2 minggu sekali, atau pada saat laptop sudah terlihat kotor dan berdebu. Oh ya, cara pembersihan di atas juga bisa dilakukan pada perangkat elektronik lain sperti Handphone, Televisi, Printer, dll.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membersihkan Layar dan Bodi Laptop yang Kotor dengan Benar"

Post a Comment