4 Tips Membaca Buku Agar Tidak Gampang Bosan dan Bisa Selesai Sampai Habis

Bagi kalian yang pada awalnya tidak hobi membaca buku pastilah sulit untuk bisa membaca sebuah buku sampai selesai. Hal ini mungkin saja terjadi karena sebelumnya anda belum membiasakan diri untuk membaca buku.

Kegiatan membaca buku memang terdengar sangat membosankan. Kita diharuskan duduk lalu membuka buku, kemudian membaca teks yang ada di buku satu-persatu sampai selesai. Banyak juga dari para pembaca buku yang pada awalnya sangat semangat untuk membaca, namun pada akhirnya tidak dilanjutkan lagi membacanya karena mungkin sudah bosan atau topik yang dibahas sudah tidak menarik lagi.

Baca juga : Program Baru Blogger Bengkulu

Hal seperti ini tentu saja merugikan kita sebagai pembaca. Di satu sisi, informasi yang kita dapatkan dari buku kurang lengkap, di sisi lainnya kita jadi gelisah sendiri mengenai kelanjutan dari buku yang kita baca namun tidak ada minat untuk membacanya.

Membaca buku

Lalu bagaimanakah cara mengatasi hal tersebut? Berikut akan saya bagi tips nya khusus kepada anda.

4 Tips Membaca Buku Agar Tidak Gampang Bosan dan Bisa Selesai Sampai Habis


1. Pilihlah Buku Yang Benar-benar Anda Minati

Dimulai dari memilih buku. Pilihlah buku yang benar-benar anda minati, tujuannya adalah agar anda memiliki motivasi tersendiri untuk membaca buku tersebut sampai selesai.

Memilih buku

Kalau dari awal anda hanya asal pilih buku lalu memaksakan diri untuk membacanya, yakinlah anda tidak akan selesai membacanya. Kalaupun selesai, pastilah ilmu yang didapat dari buku hanyalah sedikit sekali karena dari awal motivasinya adalah karena terpaksa.

2. Bacalah Buku dengan Perlahan Kata demi Kata

Membaca buku tidak perlu tergesa-gesa, karena tujuan kita membaca buku adalah untuk memahami informasi yang ada di dalamnya. Karena itu bacalah buku secara perlahan kata demi kata, buatlah diri anda se-rileks mungkin pada saat sedang membaca buku. Agar informasi yang ada di dalam buku pun bisa di serap secara maksimal.

Baca juga: Tips agar tidak cepat bosan menulis di Blog

3. Carilah Tempat Membaca yang Nyaman dan Jauh Dari Kebisingan

Konsentrasi sangat diperlukan pada saat lagi membaca. Maka dari itu, pemilihan tempat untuk membaca sangat penting untuk dilakukan. Carilah tempat dimana anda bisa berkonsentrasi terhadap buku yang anda baca.

Memilih tempat membaca

Tidak masalah juga jika anda ingin membaca di tempat umum ataupun di sekolah asalkan anda masih bisa tetap berkonsentrasi saat membaca. Selain itu pemilihan tempat penting dilakukan untuk kenyamanan anda sendiri saat membaca. Jika anda sudah merasa nyaman, yakinlah bahwa apa yang anda baca akan mudah dipahami dan diingat di kepala.

4. Jangan Lupa Istirahat

Ketika lagi asyik membaca buku kitapun sering lupa waktu. Kita jadi lupa dengan pekerjaan kita, orang di sekitar, hingga lupa dengan waktu tidur.

Hal ini juga sering saya alami saat sedang seru-serunya membaca buku, hingga tak sadar waktu sudah menunjukkan pukul 12 tengah malam. Meskipun sudah larut malam begitu, saya belum merasakan kantuk sama sekali saking asyiknya. Walaupun badan sudah letih sekali rasanya.

Namun itu bukanlah hal yang bagus. Jangan terlalu memaksakan diri, beristirahatlah jika memang sudah capek. Kalaupun masih tetap memaksakan diri itu pun tidak bagus untuk kesehatan anda dan juga akan berpengaruh pada motivasi membaca anda untuk seterusnya.

Baca : Membaca asyik ala generasi zaman now

Itulah tadi 4 tips membaca buku agar tidak cepat bosan dan bisa selesai sampai habis. Ingatlah bahwa membaca buku itu tidak harus dihabiskan dalam waktu satu hari. Masih banyak waktu yang bisa digunakan untuk membaca buku di hari lainnya. So, santai dan nikmati saja buku yang kita baca tersebut.

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti event nulis serempak Blogger Bengkulu.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "4 Tips Membaca Buku Agar Tidak Gampang Bosan dan Bisa Selesai Sampai Habis"

  1. so pasti baca bukunya kata demi kata hehe,,... tapi tipnya keren juga boleh di coba ni

    ReplyDelete