Hati-hati dalam Bersosial Media, Perhatikan Apa yang Anda Posting!

Di era serba teknologi sekarang, siapa yang tidak kenal dengan sosial media? Mulai dari anak Sekolah Dasar hingga orang tua sekalipun sudah barang tentu mengenalnya. Di dalam sosial media, kita bisa membagikan apapun dalam bentuk gambar, video, ataupun sekedar kata-kata. Termasuk kita juga bisa memberikan like dan komentar kepada yang membagikan.

Namun, masih banyak sekali orang-orang yang kurang memperhatikan dampak yang ditimbulkan dari apa yang mereka posting. Apalagi jika yang diposting itu menjadi viral dan dibagikan oleh banyak orang. Kalau yang dibagikan itu adalah postingan yang positif dan bermanfaat, tentu itu adalah hal yang bagus, namun bagaimana jika yang di posting itu merupakan hal negatif dan menimbulkan mudharat?


Maka dari itu, dalam bersosial media kita perlu memperhatikan berbagai hal sebelum membagikan sesuatu. Agar apa yang kita bagikan itu tidak menjadi mudharat kedepannya. Berikut adalah 4 hal yang harus diperhatikan sebelum membagikan sesuatu di sosial media.

1. Perhatikan apakah yang dibagikan itu mengandung hal yang sifatnya privasi dan membahayakan apabila sampai tersebar

Sosial media merupakan tempat berkumpulnya orang-orang dari berbagai kalangan. Kita tidak tahu bagaimana sifat dan tabiat mereka semua. Maka dari itu penting sekali untuk tetap menjaga privasi dan tidak perlu membagikannya ke sosial media apabila hal tersebut dirasa membahayakan. Hal privasi seperti nomor PIN ATM, nomor kunci brankas, ataupun password akun sosial media sudah seharusnya tetap dirahasiakan dan tidak perlu dibagikan ke sosial media. Kalaupun tetap ingin dibagikan, cukuplah kepada orang-orang terdekat yang anda percayai.

2. Perhatikan apakah yang kita bagikan itu merupakan hal yang pantas atau tidak

Sebelum membagikan sesuatu, kita wajib memperhatikan apakah itu pantas atau tidak untuk diposting, sudah sesuai atau tidak dengan norma yang berlaku di masyarakat. Contoh anda seorang wanita dan ingin membagikan foto setengah telanjang di akun media sosial yang anda miliki. Sebelum dibagikan, pikirkan terlebih dahulu apakah hal tersebut pantas atau tidak? Apakah sudah sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat? Karena apa yang anda bagikan itu nanti akan dilihat oleh orang banyak.

Terlebih jika ternyata yang anda bagikan itu menjadi viral dan diforward kemana-mana. Karena kita tidak tahu apa reaksi dan tanggapan orang-orang terhadap apa yang kita posting. Kalau sudah viral kemana-mana, kita tidak punya kendali lagi terhadap apa yang tadi kita bagikan karena sudah menyebar dan diposting ulang oleh akun sosmed orang lain.

3. Perhatikan apakah terdapat pelanggaran hukum atau tidak terhadap apa yang dibagikan

Di setiap negara, tentu memiliki hukum untuk mengatur masyarakatnya. Termasuk juga Indonesia yang terkenal sebagai negara hukum. Dalam bersosial media pun kita juga diatur oleh hukum dan memiliki Undang-undangnya sendiri. Maka dari itu penting sekali untuk memperhatikan apakah terdapat pelanggaran hukum atau tidak sebelum memposting sesuatu. Karena akan sangat mudah bagi orang lain untuk memfoto/menyimpan postingan kita, lalu melaporkannya ke pihak berwajib jika terdapat pelanggaran hukum didalamnya. Kitapun bisa terkena sanksi, mulai dari denda sejumlah uang bahkan hukuman penjara.

4. Perhatikan apakah yang anda bagikan itu sudah sesuai dengan ajaran agama yang dianut atau tidak

Indonesia merupakan negara berketuhanan. Dalam setiap agama tentu memiliki aturan masing-masing yang mengatur tatanan kehidupan para pengikutnya. Dalam bersosial media pun kita patut memperhatikan apakah yang akan kita posting nanti sudah sesuai dengan ajaran agama yang dianut atau tidak. Misal, ada seorang santri perempuan yang berniat ingin memposting fotonya yang sedang tidak memakai hijab. Santri tersebut harus berpikir ulang apakah yang diposting nanti merupakan hal yang sudah sesuai ajaran islam atau tidak. Karena dalam islam, setiap perempuan muslim diwajibkan untuk menggunakan hijab.

Bayangkan apabila si santri tetap ngotot ingin membagikan foto tadi ke akun media sosialnya. Otomatis foto tadi akan dilihat banyak orang, apalagi jika foto tersebut ternyata juga dilihat oleh banyak lelaki. Hal ini tentu sangat merugikan si santri, karena dalam islam, setiap pandangan lelaki terhadap dirinya yang tidak berhijab akan menjadi dosa bagi si santri. Dan seperti yang saya katakan tadi, kita tidak tahu bagaimana reaksi dan tanggapan orang, bisa saja foto tadi disimpan oleh para lelaki dan bahkan diforward kemana-mana. Alhasil foto tadi dilihat oleh lebih banyak orang dan menghasilkan lebih banyak lagi dosa untuk si santri. Tentu sangat merugikan bukan?

Itulah tadi 4 hal yang harus anda perhatikan sebelum membagikan sesuatu ke sosial media. Marilah kita bersosial media dengan cara yang baik dan selalu pertimbangkan berbagai macam hal sebelum memposting sesuatu agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hati-hati dalam Bersosial Media, Perhatikan Apa yang Anda Posting!"

Post a Comment