Cara Mudah Membuat Blog Gratis lewat Blogger

Blogger adalah salah satu platform untuk membuat blog milik perusahaan Google yang paling populer saat ini. Disini kita bisa membuat blog pribadi ataupun perusahaan secara gratis. Bukan hanya itu, kita juga bisa mengatur tampilan halaman, tata letak, serta hal lainnya dengan mudah.

Fitur-fitur yang disediakan oleh blogger juga sangat lengkap. Kita bisa mengatur perataan kiri dan kanan tulisan, jenis font yang digunakan, warna font, dan hal-hal lainnya yang mendukung proses penulisan. Selain itu kita juga bisa menambahkan foto dan video ke dalam postingan agar nantinya lebih menarik dan lebih informatif. Bahkan kita juga bisa mengatur kode HTML di dalam artikel, sehingga bisa dibilang tidak ada batasan untuk berkreasi dalam membuat sebuah artikel. Bagaimana menarik bukan?

Itu tadi sekedar penjelasan singkat mengenai fitur yang ada di blogger. Selanjutnya silakan disimak cara membuat blog melalui blogger di bawah ini.

Cara Mudah Membuat Blog

Cara Membuat Blog di Blogger

Membuat blog di blogger sebenarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan. Yang kita butuhkan hanyalah sebuah alamat email dari Google (Gmail) yang masih aktif, dan keseriusan untuk menulis serta mengembangkan blog. Jikalau anda sudah memiliki itu semua, maka anda siap untuk membuat blog melalui platform blogger. Berikut adalah langkah-langkahnya.
  1. Kunjungi situs www.blogger.com.
  2. Klik "create your blog" atau "sign in" terserah pilih yang mana.
  3. Anda akan diminta untuk memasukkan alamat gmail beserta password, silakan masukkan.
  4. Sekarang anda sudah masuk ke halaman blogger. Pada halaman selamat datang, anda disuruh untuk membuat nama pada profil. Silakan masukkan nama yang anda inginkan (atau simpelnya masukkan nama anda saja).
    Profil blogger

  5. Selamat, sekarang anda sudah berada di dashboard blogger. Dari sini anda sudah bisa membuat blog anda sendiri dengan cara klik "create new blog".
  6. Masukkan judul serta alamat blog. Setelah itu, pilih tema yang diinginkan.

    Buat alamat blog
  7. Selamat, Blog anda sudah jadi.

Setelah blog dibuat, sekarang anda siap untuk mulai menjalankan blog anda sendiri. Mulailah untuk menulis di blog dengan cara klik "create new post" atau "new post' di bagian atas. Selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman editor, tempat dimana anda bisa menulis artikel pertama anda.

Pada halaman editor silakan anda berkreasi untuk menulis apa saja yang ingin anda tulis. Setelah selesai ditulis, anda bisa melihat terlebih dahulu artikel yang sudah dibuat melalui menu "preview" apakah sudah pas atau belum. Jika sudah, publikasikan artikel anda agar bisa dilihat oleh banyak orang dengan cara klik "publish".

Buat artikel

Untuk melihat hasil artikel yang sudah ditulis di gambar, anda bisa mengunjungi blog-saya1234.

Itulah tadi artikel mengenai Cara Membuat Blog Melalui Blogger. Semoga artikel ini bisa membantu sobat-sobat sekalian yang masih bingung dengan proses pembuatan blog.