MARI Berkenalan dengan Bahasa Pemrograman C++

C++ merupakan bahasa pemrograman yang dibuat dan dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup di AT&T Bell Laboratories pada awal tahun 1980an. Awal mula C++ mempunyai nama “C with Classes” lalu berganti nama menjadi C++ pada tahun 1983.

Bjarne Stroustrup membuat bahasa pemrograman C++ dengan tambahan fasilitas yang sangat berguna hingga sekarang, yaitu bahasa pemrograman yang mendukung OOP (Object Oriented Programming) atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut PBO (Pemrograman Berbasis Objek).

Baca juga : Mari belajar pemrograman dari android menggunakan sololearn

Bahasa pemrograman C++ yang kita kenal sekarang, merupakan perkembangan dari bahasa C yang dikembangkan oleh Dennis Ritchie di Bell Telephone Laboratories pada tahun 1972. Pada awalnya, C++ dirancang sebagai bahasa pemrograman yang bisa dijalankan pada sistem operasi UNIX.

mengenal bahasa pemrograman c++

C++ merupakan bahasa pemrograman yang sudah masuk kategori tingkat tinggi (High Level Language). Karena C++ memiliki sifat lebih mudah digunakan, lebih portabel (mudah diadaptasikan) antar-platform, dan lebih abstrak (punya kemampuan yang lebih untuk bisa melakukan apa saja). Namun, C++ juga bisa dimungkinkan untuk menulis bahasa pemrograman tingkat rendah seperti Assembly dan lainnya, mengapa demikian?

Alasannya adalah karena C++ merupakan perluasan dari Bahasa Pemrograman C yang tergolong dalam Bahasa Pemrograman Tingat Menengah (Middle Level Language), yang berarti Bahasa Pemrograman C++ memiliki semua fitur dan kelebihan yang bahasa pemrograman C miliki, termasuk kelebihan Bahasa C yaitu kita dimungkinkan untuk menggunakan Bahasa Pemrograman Assembly di dalam pengkodingan C, dan juga menyediakan fasilitas untuk memanipulasi memori tingkat rendah.

Contoh skrip C++ Hello world
#include <iostream>
using namespace std;

main()
{
cout<<"Hello World"<<endl;
}
Apabila sudah di compile dan dijalankan, maka hasilnya nanti akan seperti ini.

hello world c++


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "MARI Berkenalan dengan Bahasa Pemrograman C++"