Tips Agar Tidak Mudah Bosan Menulis di Blog

Menulis adalah kegiatan menuangkan apa yang ada di pikiran melalui kata-kata ke dalam sebuah media tulis. Di zaman sekarang, untuk bisa menulis tidak lagi harus menggunakan alat tulis seperti pena atau pensil dan selembar kertas. Dengan alat digital yang anda miliki seperti smartphone atau komputer anda juga bisa menulis. Bahkan tulisan yang anda buat juga bisa dilihat oleh banyak orang melalui Blog.

Menulis di Blog (atau lebih populer dengan istilah ngeblog) adalah kegiatan yang bisa dibilang sangat bermanfaat. Selain bermanfaat bagi diri sendiri sebagai pengisi kekosongan di waktu luang, juga bermanfaat bagi orang lain untuk menambah wawasan serta pengetahuan.

Namun, yang namanya menulis, apalagi kita dituntut untuk selalu meng-update tulisan kita secara rutin adalah kegiatan yang sangat membosankan. Apalagi pada anda yang sebelumnya tidak memiliki hobi menulis. Itulah gunanya saya menulis artikel ini, yaitu untuk bisa menolong kalian termasuk diri saya juga untuk terus bisa menulis secara rutin di Blog.

Walaupun pada dasarnya saya sebelumnya juga tidak terlalu hobi melakukannya. Anggap saja ini adalah sebuah tulisan motivasi bagi seorang Blogger agar terus bisa menulis dan terus memberikan manfaat bagi banyak orang.

Tips Agar Tidak Mudah Bosan Menulis di Blog

Berikut adalah tips supaya tidak cepat bosan ketika menulis di blog. Silakan disimak dengan baik-baik.

1. Tulis Apa yang Anda Kuasai

Seperti yang tadi dibilang di atas, bahwa menulis adalah kegiatan menuangkan apa yang ada di pikiran melalui tulisan. Tentu saja yang ada di pikiran adalah hal yang dikuasai dan kita pahami. Janganlah anda terpengaruh untuk menulis hal lain yang bahkan anda sendiri pun sangat asing mendengarnya.

Sebagai contoh anda adalah seorang mahasiswa yang ahli di bidang elektro. Namun karena anda melihat bahwa tulisan mengenai internet marketing sangatlah digemari dan dicari banyak orang, anda malah mengisi blog dengan hal tersebut. Mungkin pada awalnya bisa, namun lama-kelamaan pastilah akan muncul rasa bosan. Bahkan yang lebih parah, demi memenuhi tuntutan untuk update tulisan secara rutin anda meng-copas dari web lain.

Baca juga: Cara Mengambil Screenshot dari Komputer Tanpa Harus Mendownload Aplikasi Lain

Oleh karena itu, tulislah apa yang memang anda kuasai. Selain agar tidak cepat bosan, menulis pada apa yang dikuasai juga memunculkan motivasi tersendiri yang membuat anda tetap bersemangat dan selalu memiliki ide untuk tulisan ke depannya.

2. Banyak - banyak membaca

Antara membaca dan menulis pada dasarnya memiliki hubungan yang saling berkaitan satu sama lain. Keduanya berurusan dengan satu hal yang sama, yaitu kata-kata. Membaca juga tidak harus melalui buku, cukup dengan melakukan blogwalking dari satu blog ke blog lainnya juga bisa.

Manfaat dari membaca yang paling diketahui adalah membuka wawasan serta menambah pengetahuan, yang tentu saja sangat berguna untuk menambah ide tulisan di blog kita. Selain itu ada satu hal lagi yang tidak kalah penting manfaatnya, yakni memperkaya kosakata yang kita miliki. Hal ini sangat berguna agar kata-kata yang digunakan untuk menulis lebih bervariasi, sehingga tulisan kita jadi lebih baik dan menarik.

3. Jangan Suka Menunda

Kalau tidak ada hal mendesak yang harus dikerjakan, sebaiknya jangan tunda tulisan anda. Terkadang rasa malas muncul secara tiba-tiba, yang membuat kita jadi tak berselera untuk menulis. Hal ini pun juga sering saya alami.

Ketika saya sudah setengah jalan untuk membuat artikel di blog, namun tiba-tiba muncul rasa malas yang membuat saya tidak mau melanjutkannya. Alhasil tulisan yang telah dimulai tadi jadi tidak selesai, bahkan ditinggalkan begitu saja. Di satu sisi Blog tidak jadi update artikel, di sisi lainnya ide yang dimiliki jadi terbengkalai. Tentu sangat merugikan bukan?

4. Jangan Lupa Istirahat

Terlalu memaksakan diri untuk menulis malah tidak bagus terhadap diri sendiri dan tulisan anda. Badan jadi tidak fit, pikiran tidak fresh, pada akhirnya berdampak pada kualitas tulisan yang dihasilkan. Oleh karena itu jangan terlalu keras pada diri anda sendiri, beristirahatlah. Ini sangat penting untuk mengembalikan semangat serta me-refresh otak agar siap melahirkan karya-karya baru pada blog anda.

Sekian tips dari saya agar tidak cepat bosan menulis di Blog. Semoga setelah membaca artikel ini, sobat sekalian bisa terjaga semangatnya untuk tetap menulis. Serta bagi yang sedang berhenti, semoga jadi termotivasi kembali untuk menulis lagi.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Tips Agar Tidak Mudah Bosan Menulis di Blog"

  1. bener ni yang jelas terkadang mau nulis kehabisan ide makasih tips nya yach mas rahmat kunjungi juga blog bunda yach dan kasih masukan buat bunda maksih banyak...

    ReplyDelete
  2. Kalo nulis tentang bisnis atau tulisan yang menghasilkan uang mungkin gak bosan ya.. Cik Rahmat Hidaya saya bebagi informasi usaha lokal, semoga tidak membuat kita bosan. Ayo semangat nulis terus.

    ReplyDelete