Cara Memainkan Game Playstation di PC Menggunakan Emulator

Playstation merupakan salah satu konsol permainan milik perusahaan Sony yang sudah terkenal di seluruh dunia. Sudah banyak sekali versi yang dikeluarkan, mulai dari PS 1, PS 2, PSP (Playstation Portable), hingga yang terbaru sekarang adalah PS 5.

Untuk bisa memainkan game di playstation, selain harus memiliki konsolnya juga harus memiliki kaset/media penyimpanan yang berisikan game. Bagi yang memiliki modal, tentu saja hal ini bukanlah masalah. Lalu bagaimana dengan yang tidak? Maka dari itu, melalui artikel ini saya akan membagikan ilmu kepada anda tentang bagaimana cara memainkan game playstation di PC menggunakan emulator.

cara memainkan game playstation di PC menggunakan emulator

Emulator merupakan sebuah software yang dibuat menyerupai konsol game seperti playstation. Atau bisa kita bilang emulator sebagai mesin virtualnya playstation. Ada banyak sekali pilihan emulator untuk setiap versi playstation yang bisa anda gunakan untuk memainkan game playstation. Beberapa pilihan tersebut akan saya jabarkan disini untuk setiap versi dari playstation yang bisa anda download juga secara gratis.

  1. Emulator untuk Playstation 1 (PS 1/PSX)
    • pSX (Situs official psxemulator.gazaxian.com tidak bisa diakses)
    • ePSXe

  2. Emulator untuk Playstation 2 (PS 2)

  3. Emulator untuk Playstation Portable (PSP)

  4. Emulator untuk Playstation 3 (PS 3)

Cukup dari 4 versi playstation saja yang saya jabarkan, dikarenakan masih banyak emulator yang belum dibuat atau masih dalam tahap pengembangan. Selain itu kalaupun sudah rilis, biasanya belum stabil serta masih banyak bug.

Baca juga: Cara Melakukan Power Slide di CTR PS 1

Selanjutnya kita akan beralih ke cara menggunakan emulatornya agar bisa memainkan game playstation di PC. Tapi sebelumnya pastikan anda sudah mendownload terlebih dahulu emulator yang anda ingin gunakan beserta file iso game nya. Ingat penjelasan saya di atas tadi, bahwa untuk memainkan game di playstation harus memiliki kaset/media penyimpanan yang berisi game.

Setelah di download, maka silakan instal terlebih dahulu emulatornya.

Selesai di install, biasanya anda akan diminta untuk melakukan konfigurasi terlebih dulu kepada emulator seperti pada PCSX2 berikut.

Konfigurasi PCSX2

Konfigurasi tersebut meliputi pengaturan terhadap video, suara, kontroller, dan semacamnya. Anda bisa menyesuaikan sendiri pengaturan seperti yang diinginkan atau bisa juga browsing terlebih dahulu megenai tutorial pengaturan terhadap emulator yang anda gunakan.

Setelah dirasa pas pengaturan yang anda lakukan, maka kini saatnya kita menggunakan emulator untuk memainkan game playstation. Langkah-langkahnya akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Memainkan Game Playstation di PC Menggunakan Emulator

  1. Buka Aplikasi Emulator Playstation.
  2. Insert CD-Images (ISO) game yang ingin dimainkan.
  3. Jalankan emulator.

Itulah tadi langkah-langkah agar bisa memainkan game Playstation di PC. Sangat gampang bukan? Tapi sebelumnya saya jelaskan lagi mengenai langkah-langkah diatas.

Langkah pertama, buka aplikasi emulator playstation. Disini sudah jelas bahwa yang harus anda lakukan adalah cari dimana aplikasi emulator playstation yang sudah diinstall, kemudian buka dengan cara di klik. Pada kesempatan kali ini, saya menjadikan emulator PCSX2 sebagai contoh.

Kedua, Insert CD-Images (ISO) game yang ingin dimainkan. Maksudnya adalah, sertakan juga file ISO game yang ingin dimainkan ke dalam emulator. Kalau di PS 2 misalnya, langkah ini sama dengan masukkan kaset game ke dalam PS 2. Pada emulator PCSX2, cukup klik menu CDVD > Pemilih ISO > Temukan. Cari dimana anda meletakkan ISO game, lalu pilih. Pada gambar di bawah, saya sudah memilih Innocent Life - A Futuristic Harvest Moon sebagai game yang ingin saya mainkan.

Pilih game pcsx2

Terakhir, Jalankan emulator. Pada PCSX2 klik menu 'Sistem', lalu silakan pilih diantara ke-3 cara untuk menjalankannya (Pilih saja antara 1 atau 2).
  1. Jalankan CDVD (Penuh), menjalankan game seperti pada PS 2 sebenarnya. Pertama keluar dulu logo PS 2 baru kemudian gamenya.
  2. Jalankan CDVD (Cepat), menjalankan game secara langsung tanpa harus melewati logo PS 2 terlebih dahulu.
  3. Jalankan ELF, untuk menjalankan binari PS 2 mentah langsung.
Jalankan PCSX2

Setelah langkah-langkah diatas telah dilakukan, maka selamat anda sudah bisa memainkan game playstation di PC menggunakan emulator. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat-sobat sekalian. Jika anda memiliki pertanyaan mengenai tutorial di atas, maka bisa anda tanyakan di kolom komentar di bawah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memainkan Game Playstation di PC Menggunakan Emulator"

Post a Comment