Tanpa Disadari, Teknologi Smartphone Perlahan Mengambil Alih Kehidupan Kita

Sadarkah kalian bahwa manusia sedang dijajah oleh ciptaannya sendiri yaitu smartphone? Makin ke sini teknologi smartphone semakin berkembang dan memanjakan manusia. Namun di sisi lain teknologi tersebut juga membuat kita menjadi malas dan ketergantungan.

Kita sering terlena dan lebih memusatkan perhatian terhadap smartphone yang ada dalam genggaman ketimbang hubungan kita dengan keluarga. Kalo kata bijaknya sih, "Mendekatkan yang jauh, sekaligus menjauhkan yang dekat". Bahkan, bukan hal yang tidak mungkin nantinya hubungan kita dengan sesama manusia akan hancur karena teknologi ini.

Mungkin kita tidak sadar bahwa semakin berkembangnya teknologi smartphone sekarang, ada beberapa kebiasaan yang dulu kita sering lakukan justru semakin hilang.

Tanpa Disadari, Teknologi Smartphone Perlahan Mengambil Alih Kehidupan Kita

Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan yang perlahan semakin menghilang karena hadirnya smartphone.

1. Permainan Tradisional yang Dulu Sering Dimainkan, Sekarang Berganti dengan Permainan Smartphone

Bagaimana masa kecil anda dulu? Penuh dengan mainan tradisional yang sering dimainkan bersama teman-teman kah? Atau malah banyak diisi dengan permainan yang ada di dalam smartphone? Atau malah anda tidak memiliki masa kecil (langsung gede)? Yang terakhir ini gak mungkin lah yaa hehe.

Sungguh miris sekali kalau kita melihat bagaimana anak-anak kecil jaman sekarang bukannya disibukkan dengan bermain dan beraktivitas di luar bersama kawan-kawannya, tapi malah disibukkan dengan bermain smartphone sendirian di rumah. Anak-anak yang dulu kita kenal sebagai pribadi yang periang, lincah, dan suka bermain, bisa saja berubah menjadi anak yang pendiam, kikuk, dan anti sosial karena kecanduan dengan smarphone.

Baca juga: 4 Aplikasi IDE Kompiler C/C++ yang Bisa Digunakan di Android

Smartphone dengan segala kecanggihan yang ada di dalamnya menawarkan berbagai macam hiburan yang mengasyikkan hingga membuat kita lupa waktu. Anda tahu sendiri kan kalau anak-anak memang hobinya bermain?

Kalau sudah ketemu yang namanya smartphone ini bisa saja anak-anak bakal lupa waktu, lupa makan, lupa mandi, dan lupa-lupa lainnya sehingga bisa membuat anak-anak menjadi kecanduan dan lebih memilih bermain dengan smartphone ketimbang main bersama teman-temannya.

2. Kalo Lagi Ngumpul, Bukannya Sibuk Ngobrol dan Bercerita, Sekarang Malah Sibuk dengan Smartphone Masing-masing

Hmm... Lagi-lagi karena smartphone. Hal ini sudah seringkali terjadi dalam kehidupan kita. Malah tanpa disadari, kita juga sering melakukannya.

Gara-gara smartphone kita sering lupa dengan teman-teman yang lagi ngumpul bareng. Kita lebih fokus dengan smartphone masing-masing seolah tidak ada orang di sekitar.

Ini sangatlah berbeda dengan beberapa tahun ke belakang, dimana saat itu yang berkuasa adalah teknologi HP jadul dan smartphone saat itu belum ada (Di Indonesia belum ada, tapi gak tau kalo di luar).

HP ini hanya bisa dipakai untuk nelpon dan sms-an. Kalo dipakai main paling cuma main Snake, Tetris, Sudoku, dan berbagai macam permainan jadul lainnya yang terkesan begitu-begitu saja.

Saat itu, kita tidaklah terlalu mementingkan HP yang kita miliki. Sehingga kalau lagi ngumpul, HP diletakkan di kantong masing-masing dan lebih berfokus kepada teman-tema. Entah itu curhat-curhatan, saling canda tawa satu sama lain, atau sekedar ngobrol biasa aja.

3. Kalo Lagi Gak Ada Kerjaan Di Rumah, Bukannya Cari Aktivitas yang Bermanfaat, Ini Malah Main Smartphone

Kalo kita lagi sendirian di rumah atau kos-an, terus tidak ada kerjaan, ditambah lagi teman-teman satu lingkungan sedang keluar semua, seringkali kita menghabiskan waktu dengan bermain Smartphone. Itu pun paling hanya buka-tutup sosmed atau sekedar main game.

Padahal kita bisa melakukan hal yang bermanfaat lainnya seperti membaca buku, membersihkan kamar, merapikan lemari buku, dan lain-lain. Atau kegiatan di luar seperti main futsal sama teman-teman, jalan-jalan, atau sekedar main ke rumah kawan sambil ngobrol-ngobrol, dan hal lainnya yang masih banyak yang bisa kita lakukan.

4. Jika Ingin Mencari Tahu Tetang Sesuatu, Biasanya Kita Bertanya Dengan Seseorang yang Lebih Tahu Atau Mencari di Buku-buku, Sekarang Tinggal Browsing Saja di Smartphone

Kebiasaan bertanya dengan seseorang atau mencari-cari di buku, kini perlahan menghilang seiring hadirnya smartphone. Dengan teknologi ini, memungkinkan kita untuk mengakses ribuan informasi dalam satu waktu. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan, karena kita bisa belajar sesuatu dengan lebih cepat tanpa harus repot-repot mencari seseorang untuk bertanya atau mencarinya di buku. Ini merupakan salah satu dampak positif dari kemajuan teknologi smartphone.

Itulah tadi artikel mengenai teknologi smartphone yang secara perlahan menguasai kita. Semoga kita yang membaca artikel ini dan saya juga tidak termasuk ke dalam golongan orang-orang yang dirinya telah dikuasai smartphone. Dan semoga bagi yang merasa telah dikuasai, bisa segera bertaubat dan lebih memperhatikan kehidupan nyatanya

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tanpa Disadari, Teknologi Smartphone Perlahan Mengambil Alih Kehidupan Kita"

  1. Menarik ya bagaimana sebuah alat komunikasi mengubah cara dan gaya hidup kita

    ReplyDelete