Free Download Program C++: BMI Calculator Beserta Source Code

Pada artikel kali ini saya ingin membagikan secara gratis kepada sobat-sobat sekalian Program C++: BMI Calculator. Bukan hanya programnya saja, namun juga source code juga yang bisa anda jadikan bahan untuk riset ataupun untuk dipelajari.

BMI Calculator adalah sebuah program untuk menghitung Body Mass Index seseorang yang kemudian digunakan untuk menentukan apakah orang tersebut termasuk kurus, normal, kegemukan, atau obesitas. BMI juga bisa menjadi gambaran tentang bagaimana kondisi gizi seseorang. Program ini adalah asli buatan saya sendiri menggunakan bahasa pemrograman C++.

Calculator BMI

Bagi anda yang belum tahu, untuk menghitung BMI digunakan sebuah rumus. Rumusnya adalah :
Rumus BMI
Dari rumus tersebut didapatkanlah berapa besar Body Mass Index yang anda miliki. Selanjutnya dari angka yang didapat kemudian dikelompokkan ke dalam beberapa kategori.

Artikel lainnya: Mari Belajar Pemrograman dari Android Menggunakan SoloLearn

Setiap orang di belahan dunia berbeda-beda pengelompokkannya. Bagi kita orang Asia, terkhususnya Indonesia, berdasarkan Pedoman praktis terapi gizi medis Departemen Kesehatan RI 2003, perhitungan Body Mass Index (Index Masa Tubuh) orang-orang Indonesia adalah sebagai berikut.
Jenis Kelamin Nilai BMI Kategori
Laki-laki <17 Kurus
17 - 23 Normal
23 - 27 Kegemukan
>27 Obesitas
Perempuan < 18 Kurus
18 - 25 Normal
25 - 27 Kegemukan
>27 Obesitas
Sumber: www.depkes.go.id

Berdasarkan tabel tersebutlah, maka saya membuat program BMI Calculator ini. Dari segi tampilan, bisa dibilang program ini sangatlah sederhana karena murni dibuat dari bahasa pemrograman C++. Namun dari segi pembelajaran, sangatlah bagus untuk dipelajari terutama bagi pemula seperti saya juga.

Jika anda melihat pada source code nya nanti, disana akan banyak ditemukan persarangan if terutama pada bagian pengelompokkan BMI. Sehingga dari program BMI Calculator ini, anda bisa belajar untuk menggunakan nested if secara baik dan benar.

Berikut adalah fitur-fitur dari BMI Calculator versi 1.0

  1. Dibuat dari bahasa C++.
  2. Sudah Terkompilasi (file sudah dalam bentuk .exe), sehingga untuk membukanya cukup di klik saja.
  3. Ukurannya sangat ringan (sekitar 1,8 MB).
  4. Perhitungan BMI sesuai dengan pedoman dari Departemen Kesehatan RI.

Kekurangan:
Setelah perhitungan selesai, program akan keluar setelah ditekan Enter. Untuk memulainya kembali anda harus mengklik program lagi.

Itulah tadi penjelasan mengenai program C++ BMI Calculator, anda bisa mendownload programnya secara gratis pada link di bawah ini.

Download Program BMI Calculator V 1.0

Atau bagi anda yang ingin melihat dan mempelajari source code nya, bisa anda kunjungi melalui akun Github saya pada link di bawah.

Source code BMI Calculator V 1.0

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Free Download Program C++: BMI Calculator Beserta Source Code"

Post a Comment