Cara Membackup Seluruh Data Artikel di Blogger

Membackup seluruh data artikel di blogger adalah hal yang sangat penting dilakukan. Karena seperti yang kita tahu bahwa Blogger sebagai platform untuk membuat blog bukanlah sepenuhnya milik kita. Sewaktu-waktu apabila terjadi pelanggaran pada blog kita, blogger bisa saja langsung menghapusnya. Dan ini sudah banyak terjadi di kalangan para pemilik blog termasuk juga di Indonesia.

Selanjutnya backup data artikel juga penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti hacking. Bisa saja tanpa sepengetahuan anda, blog yang anda miliki dimasuki oleh hacker lalu semua postingan dihapus. Kalau artikelnya masih sedikit mungkin tidak terlalu dirisaukan, tapi bagaimana kalau artikel yang dibuat sudah sangat banyak? Semua jerih payah anda selama ini untuk membuat artikel lenyap tak berbekas. Hal ini tentu saja merupakan bencana bagi anda.

Baca juga: Cara Membuat Tabel di Blogger Menggunakan Microsoft Word

Selain itu, backup artikel juga penting ketika kita ingin berpindah platform dari blogger ke wordpress. Tujuannya adalah agar seluruh data artikel yang dulu kita buat tetap tersimpan dan kita tidak perlu susah payah lagi membangun blog dari awal.


Maka dari itu, pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial kepada anda tentang bagaimana cara membackup seluruh data postingan di blogger. Bukan hanya artikel, tapi juga halaman, dan komentar. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Backup Seluruh Data Artikel di Blogger

1. Login ke akun Blogger anda.
2. Setelah masuk ke dashboard blogger, lihat bagian menu sebelah kiri. Pilih settings > other.

klik setting, other

3. Lihat pada bagian Import & Backup, Klik Backup content.

Klik backup content

4. Akan keluar jendela notifikasi sebelum backup dimulai. Klik save to your computer.

klik save to your computer

5. Proses download akan otomatis dimulai, tunggu hingga selesai.
6. Seluruh data artikel di blog anda sudah tersimpan, seperti di bawah ini.

hasil backup

Itulah tadi tutorial cara backup seluruh data artikel di blogger, sangat mudah bukan? Dengan di backup nya data di blog, anda tidak perlu khawatir dengan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Selain itu data yang sudah di backup bisa kita import apabila ingin pindah ke wordpress atau akun blogger berbeda milik anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membackup Seluruh Data Artikel di Blogger"

Post a Comment