Cara Membuat Tabel di Blogger Menggunakan Microsoft Word

Untuk menuliskan daftar yang terbagi-bagi ke dalam kategori, kita memerlukan tabel agar lebih mudah dibaca. Pada blogger tidak terdapat menu untuk membuat tabel. Kalau hanya mengandalkan kode HTML sangatlah sulit untuk membuatnya. Belum lagi untuk mengatur jarak antara garis dengan teks, pewarnaan tabel, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan desain tabel. Untuk itu, maka kita memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk membantu kita membuat tabel di blog, salah satunya adalah Microsoft Word.

Aplikasi besutan dari perusahaan Microsoft tersebut mampu membuat tabel serta mengatur format desain dari tabel tersebut. Bukan hanya itu saja, Word juga mampu mengonversikan hasil desain tabel tersebut ke dalam kode-kode HTML agar bisa terbaca di blog. Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja disimak langkah-langkah nya di bawah ini.

Cara Membuat Tabel di Microsoft Word

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah buatlah terlebih dahulu tabel di Word. Bagi yang belum tau, caranya adalah sebagai berikut.
  • Buka aplikasi Microsoft Word, disini saya menggunakan Microsoft Word 2010.
  • Setelah itu buka tab insert lalu pilih menu table dan atur sendiri berapa jumlah baris dan kolom yang anda inginkan.
  • Anda bisa mengatur desain tabel yang diinginkan pada Table tools. Atur design dan layout table sesuai yang anda inginkan.
membuat tabel

Konversikan Tabel ke dalam kode HTML

Setelah tabel sudah dibuat beserta dengan desainnya yang sudah anda atur sesuai keinginan, maka langkah selanjutnya adalah konversi tabel tersebut ke dalam HTML.

Baca juga: Cara Download Website Secara Utuh OFFLINE Menggunakan HTTrack

Caranya adalah klik tab file, lalu pilih save as. Arahkan ke folder mana anda ingin menyimpannya, lalu pilih save as type (format penyimpanan) dengan "Web page, filtered". Akan muncul peringatan dari Word yang menerangkan bahwa menyimpan dokumen dalam format tersebut (Web page, Filtered) akan menghilangkan beberapa tag spesifik dari Word, klik Yes saja. Dokumen yang berisi tabel tadi akan tersimpan dengan ekstensi .htm.

menyimpan tabel

Memasukkan HTML tabel ke dalam Blog

Buka file tabel yang sudah tersimpan tadi melalui browser, bisa dengan langsung double click pada file atau dengan klik kanan > open with > pilih browser mana yang anda inginkan. Setelah itu akan muncul tabel sesuai yang sudah anda buat di Word tadi.

Klik kanan pada tabel, lalu pilih View Page Source (Lihat kode sumber laman). Akan muncul kode-kode HTML, Silahkan anda copy mulai dari <table....> sampai ke </table> lalu paste di postingan blog pada bagian HTML (jangan di bagian Compose). Tabel akan muncul serupa dengan yang anda buat di Microsoft Word tadi. Seperti contoh tabel yang baru saja saya buat di bawah ini.
No.
Contoh Tabel
Keterangan
1.
Tabel 1
Sangat baik
2.
Tabel 2
Baik
3.
Tabel 3
Cukup

Itulah tadi artikel mengenai Cara Membuat Tabel di Blog Menggunakan Microsoft Word sangat mudah bukan? Dan yang terpenting anda tidak perlu dibebankan dengan menulis kode-kode HTML yang pastinya bikin pusing walaupun anda sudah ahli sekalipun. Semoga bermanfaat bagi sobat-sobat sekalian.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Tabel di Blogger Menggunakan Microsoft Word"

Post a Comment