Cara Submit URL Artikel Blog ke Bing dan Google Webmaster

Setelah membuat artikel atau halaman di blog, jangan lupa untuk submit ke webmaster. Hal ini berguna untuk mempercepat pengindeks-an dari mesin pencari seperti Google dan Bing.

Mungkin banyak orang yang belum tahu betapa pentingnya untuk melakukan submit URL artikel ke dalam webmaster. Walaupun anda sudah men-submit URL sitemap anda, tetap saja mesin pencari terkadang masih membutuhkan waktu yang lama agar artikel kita bisa terindeks.

Dan apabila ada blog lain yang lebih terkenal dan umurnya lebih lama membuat sebuah artikel yang serupa dengan yang anda buat, bisa saja blog tersebut menempati urutan di atas blog anda di mesin pencari. Walaupun memang banyak faktor yang mempengaruhi seperti teknik SEO yang digunakan, namun apabila blog yang umurnya lebih tua tersebut lebih duluan men-submit artikel nya ke webmaster, kesempatan untuk dia menempati urutan atas makin besar.

Maka dari itu, setelah membuat sebuah artikel, sangat disarankan untuk langsung men-submit URL nya ke webmaster. Selain pengindeks-an akan menjadi lebih cepat, juga tidak menutup kemungkinan artikel yang di submit tersebut menempati urutan atas.

Baca juga: Tips Agar Tidak Mudah Bosan Menulis di Blog

Kalaupun nanti ada yang meniru atau copas artikel yang anda miliki, anda tidak perlu khawatir karena mesin pencari tau mana yang duluan menulis artikel tersebut. Dan pastinya, blog yang sudah menulis duluan akan dianggap sebagai pemilik asli dari artikel yang dicopas tersebut. Hal ini bisa saja membuat blog anda akan diletakkan di urutan teratas mengalahkan blog yang meniru/copas.

Cara submit artikel ke google dan bing

Ada banyak sekali mesin pencari dimana anda bisa men-submit artikel blog anda. Namun pada tutorial kali ini saya hanya akan mengajarkan kepada anda cara mensubmit artikel blog melalui Bing dan Google. Simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Submit URL Artikel Blog ke Google Webmaster

1. Buka Google Webmaster.
2. Sign in terlebih dahulu (Masukkan email dan password).
3. Anda akan diarahkan menuju halaman Webmaster yang terbaru. Untuk bisa men-submit artikel blog, anda harus menuju ke versi yang lama. Pada menu yang sebelah kiri, pilih "Go to the old version".

Go to the old version

4. Lihat menu sebelah kiri, pilih Crawl > Fetch as Google.
5. Masukkan URL artikel blog yang anda inginkan. Masukkan link nya cukup dari tahun saja karena sudah terwakili di sebelah kirinya dengan alamat blog anda, Klik "fetch".

masukkan url

Penjelasan lebih lanjut, di sana terdapat pilihan "fetch" dan "fetch and render", yang masing-masing fungsinya adalah:
  • Fetch, untuk meng-crawl URL saja.
  • Fetch and render, akan meng-crawl URL serta gambar tampilan dari halaman artikel yang anda submit.
6. Lihat di bagian artikel yang sudah anda submit tadi, klik "Request indexing".

request indexing

7. Akan keluar captcha, silakan isi dengan benar.
8. Setelah itu akan ada 2 pilihan:
  • Crawl only this URL, hanya akan meng-crawl URL dari artikel yang anda submit saja.
  • Crawl this URL and its direct links, akan meng-crawl URL beserta link lain yang terdapat di dalam artikel.
choose submit method

9. Tunggu saja sampai terindeks, anda bisa mengeceknya di mesin pencari dengan kata kunci "site:link_artikel_yang_anda_submit.html". Contoh gambar di bawah adalah artikel yang sudah terindeks.

artikel yang sudah terindeks

Cara Submit URL Artikel Blog ke Bing Webmaster

Submit URL ke Bing lebih mudah dilakukan dan lebih praktis, karena kita bisa mensubmit hingga 10 link sekaligus ke dalam webmaster dan tanpa captcha! Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Kunjungi Bing Webmaster.
2. Sign in terlebih dahulu.
3. Setelah masuk, lihat menu sebelah kiri. Pilih Dashboard > Configure my site > Submit URLs.
4. Masukkan URL artikel yang ingin anda submit (Masukkan dengan lengkap).

bing webmaster

5. Tunggu sebentar hingga proses nya selesai.

Itulah tadi tutorial cara submit artikel blog ke bing dan google webmaster. Apabila masih ada yang kurang jelas silakan tanyakan di kolom komentar.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Submit URL Artikel Blog ke Bing dan Google Webmaster"