Pengaruh Menggunakan Perangkat Charger Murah Terhadap Kesehatan Baterai Handphone Android dan Iphone

Pengaruh Menggunakan Perangkat Charger Murah Terhadap Kesehatan Batere Handphone Android dan Iphone

Siapa disini yang menggunakan perangkat charger bukan dari pabrikan untuk HP nya?


Mungkin alasan anda menggunakan perangkat charger kustom (Bukan dari pabrikan HP anda) adalah karena perangkat charger ori anda sudah rusak, atau hilang. Tapi tahukah anda apabila tidak cermat dalam memilih perangkat charger ternyata bisa merusak baterai HP anda? Bukan hanya baterai, bisa jadi sistem kelistrikan pada HP anda juga ikut kena imbasnya.


Charger HP murah lebih banyak menimbulkan kerugian dibanding keuntungannya terhadap HP anda. Maka dari itu anda harus mempertimbangkan kembali apabila ingin membeli charger HP kustom. Simak pembahasannya sebagai berikut.


Baca Juga: Cara Mudah Melihat Password WiFi yang Tersimpan di Android


Mengapa Charger Murah itu Buruk?


Alasan anda ingin membeli charger murah adalah biasanya karena charger tersebut terlihat sangat mirip dengan charger ori android ataupun iphone dengan harga yang lebih murah. Kebanyakan orang percaya bahwa dengan membeli charger murah bisa menghemat uang sekaligus mendapatkan barang yang bisa digunakan dalam jangka waktu panjang.


Bagaimanapun juga, kebanyakan charger murah yang beredar di pasaran tidak mendukung standar keamanan yang dibuat oleh pabrik. Beberapa charger kustom tidak bisa memberikan daya yang stabil, hal ini tentu saja dapat membuat kerusakan pada HP anda.


Nasib baiknya, mungkin HP anda akan langsung stop charging sebagaimana mestinya, atau waktu yang diperlukan untuk charging lebih lama dibandingkan dengan menggunakan charger asli. Namun bila sedang bernasib buruk, charger murah tadi bisa menyebabkan setruman listrik bahkan bisa menimbulkan api. Baterai HP anda juga bisa meledak apabila menggunakan charger murah.


Bila HP anda tidak dilengkapi dengan charger saat membelinya, atau anda memang kehilangan charger ori nya, anda bisa menggantinya. Anda hanya perlu berhati-hati dalam memilih charger kustom yang nantinya akan digunakan untuk HP anda.


Potensi Masalah yang Dapat Muncul


Jika melihat dan mengikuti petunjuk penggunaan charger dari pabrikan, anda seharusnya mempertimbangkan untuk menghindari penggunaan charger murah. Penggunaan charger yang bukan merk ori sebenarnya tidak menimbulkan bahaya apabila merk charger tersebut berasal dari brand yang terkenal dan teruji kualitasnya.


Bagaimanapun, banyak barang yang murah ternyata memiliki berbagai persoalan. Dan masalah yang ditimbulkan berdampak merusak HP anda bahkan lebih buruk. Sebelum anda membeli atau menggunakan charger yang murah, pertimbangkan terlebih dahulu dampak yang mungkin terjadi kedepannya.


Dampak yang ditimbulkan mungkin tidak signifikan seperti dapat menimbulkan api. Tapi bisa mempengaruhi kesehatan baterai anda bahkan mungkin dapat menimbulkan dampak-dampak lain kedepannya.


Tidak Charging atau Fake Charging


Dalam beberapa kasus, anda mungkin melihat bahwa HP anda tidak menunjukkan proses charging saat perangkat charger sudah terhubung. Hal ini bisa terjadi jika charger tidak mampu mengirimkan daya yang cukup pada HP anda, dan mungkin anda tidak menyadari hal tersebut jika anda mengecas HP anda lalu pergi.


Jika anda kembali lebih kurang satu jam kemudian dan persentase baterai anda tetap sama, maka ada kemungkinan bahwa charger anda adalah masalahnya. Kamu mungkin juga bisa melihat persentase baterai tidak berubah sama sekali walaupun sedang di charge.


Seperti kebanyakan charger lainnya, pada HP kita bisa melihat logo petir di samping baterai saat HP sedang di charge. Tapi jika anda tinggalkan lebih kurang satu jam dan anda lihat persentase batere tidak bergerak sama sekali, maka ada kemungkinan anda berhadapan dengan masalah “fake charging”.


Kedua masalah tersebut membuat anda kesulitan untuk mengecas HP dengan benar. Anda mungkin berfikir bahwa charger anda berfungsi, sehingga anda membuang banyak waktu meninggalkan HP yang sedang di charge, namun hasil yang anda dapatkan tidaklah baik.


Persentase Baterai Menurun


Jika charger anda tidak bisa mengecas HP anda dengan benar, kamu akan mulai melihat persentase baterai menurun. Penurunan ini bisa terjadi ketika anda meninggalkan HP yang sedang di charge dalam beberapa waktu.


Anda mungkin meninggalkan HP yang sedang di charge dalam beberapa jam. Jika charger tidak berfungsi, HP anda akan menggunakan daya baterai untuk mensuplai sistem yang bekerja di latar belakang, seperti mengecek notifikasi atau memonitor lokasi anda. Hal ini menyebabkan persentase baterai bisa turun hanya karena anda tidak mengecasnya.


Proses Charging Terhenti Pada Persentase Baterai Tertentu


Hal lain yang terjadi ketika anda menggunakan charger murah adalah HP anda tetap bisa dicas. Persentase baterai akan tetap bertambah ketika anda meninggalkan HP ketika perangkat charger terhubung.


Bagaimanapun, proses charging bisa terhenti ketika baterai mencapai persentase tertentu. Sekarang, Apple sudah mengeluarkan sebuah fitur yang akan melacak kebiasaan charging anda, sehingga bisa menghentikan proses charging.


Namun ketika anda mengecas HP diluar jadwal biasanya, masalah dapat timbul pada charger anda. Pertimbangkan untuk menunggu satu atau dua jam untuk melihat apakah perangkat charger anda bisa berfungsi kembali. Jika tidak, anda mungkin perlu membeli kabel charger baru.


Baterai Habis Lebih Awal


Menggunakan charger murah dapat mengakibatkan HP anda bisa mati setelah persentase batere turun mencapai angka tertentu. Jika anda menggunakan charger tiruan, charger dapat menimbulkan masalah pada baterai yang ditunjukkan di HP anda.


Saat anda menggunakan HP, umur baterai bisa berkurang, sehingga makin lama performa baterai akan menurun. Masalah ini bisa terjadi karena ada kerusakan pada chip, yang mana penyebabnya adalah penggunaan charger murah.


Solusi lainnya, anda harus memiliki seseorang yang bisa mengecek apakah menggunakan charger baru akan menolong atau tidak. Dan anda bisa mendapatkan baterai baru untuk memperpanjang umur HP anda.


Bagaimana Cara Menemukan Charger Yang Berkualitas


Sangat penting untuk diketahui bahwa charger murah itu buruk, namun hal tersebut tidak bisa sepenuhnya mengatasi masalah anda. Anda harus memikirkan bagaimana cara menemukan charger yang bagus yang akan membantu umur baterai anda.


Berkaitan dengan itu, baterai HP anda harus di cas dengan benar, dan umur HP anda akan menjadi lebih lama. Charger yang berkualitas juga bisa menghemat uang anda karena anda tidak perlu mengganti charger baru setiap bulan.


Berikut adalah beberapa tips untuk dipertimbangkan dalam memilih charger yang berkualitas.


Mulai dengan brand HP


Tempat yang terbaik yang bisa anda mulai untuk mencari sebuah charger adalah dari brand yang membuat HP anda. Sehingga jika anda memiliki iPhone 12, anda harus mencari charger dari Apple. Anda bisa mencari charger dari brand apple di online store atau di toko langsung.


Lihat yang Memang Ditujukan Untuk iPhone


Jika anda ingin memperluas pencarian, anda bisa melihat retail dan brand lain. Ketika anda ingin membeli sebuah charger Apple, carilah yang memang bertuliskan “Made for iPhone” dan memiliki logo Apple.


Mungkin beberapa charger palsu memilikinya, hal tersebut bisa menjadi sebuah filter untuk tidak membeli barang murah. Tulisan Made for iPhone bisa menjadi panduan anda bahwa charger tersebut sudah mengikuti standar dari Apple.


Pertimbangkan Sertifikasi yang Dimiliki


Terutama ketika anda membeli diluar official online store/toko Apple, pertimbangkan apakah charger tersebut memiliki sertifikasi. Jika anda ingin membeli charger iPhone, lihatlah Mfi certification dari Apple.


Perangkat dengan Mfi certification dapat bekerja dengan baik dengan perangkat Apple, sehingga anda bisa mengetahu dengan mudah bahwa HP anda bisa di cas dengan baik. Kemudian, anda bisa menggunakan perangkat charger dan HP anda untuk waktu yang lebih lama.


Tipe sertifikasi yang juga bisa dilihat adalah CE atau RhoS, keduanya memiliki standar keamanan yang ketat. Jika anda menggunakan charger dengan salah satu sertifikasi tersebut, maka anda tak perlu khawatir dan bisa mengecas HP anda dengan lebih efisien.


Dibandingkan dengan Charger Ori


Jika anda tidak yakin bagaimana sebuah perangkat charger bekerja, bandingkan dengan charger ori yang ada bersamaan dengan pembelian HP anda. Letakkan dua charger tersebut berdekatan dan lihat pada bagian USB atau konektor nya.


Pertimbangkan jika konektor keduanya berukuran sama dan bentuknya sama, dan kalaupun berbeda lihatlah sejauh mana perbedaannya. Anda mungkin juga ingin melihat technical information yang ada pada charger ori dan charger kustom.


Jika dari perbandingan keduanya anda merasa tidak yakin pada charger kustom tadi, maka jangan digunakan. Hal tersebut sangat beresiko terhadap keamanan HP anda, atau anda, atau orang-orang di sekeliling anda.


Anda Akan Mendapatkan Sesuai Dengan Yang Anda Bayar


Seperti hal lain dalam hidup ini, anda akan mendapatkan sesuai dengan yang anda bayar ketika membeli charger. Jika anda ingin berhemat dan membeli charger yang murah, anda akan mendapatkan hasil yang minimal atau hal terburuk bisa menyebabkan kerusakan pada HP anda.


Namun jika anda berinvestasi dengan charger yang bagus, anda mungkin akan dapat menggunakannya dengan lebih lama. Anda tak perlu khawatir jika charger tersebut akan merusak HP anda ketika lagi mengecas.


Terkadang, membayar sedikit lebih mahal di awal bisa membuat anda merasa lebih aman untuk menggunakan dan mengecas HP anda.