Microsoft Meluncurkan AI Terbaru Bernama Microsoft 365 Copilot

Microsoft Meluncurkan AI Terbaru Bernama Microsoft 365 Copilot

Dunia teknologi informasi sekarang memang sedang gencar-gencarnya mengembangkan teknologi AI (Artificial Inteligence). Begitu juga Microsoft yang mengeluarkan AI terbarunya yang bernama Microsoft 365 Copilot pada 16 Maret 2023. Dalam tulisan di web resmi mereka mengatakan bahwa AI ini merupakan gabungan antara kekuatan Large Language Models (LLMs) dengan data bisnis dan aplikasi Microsoft 365, untuk membebaskan kreativitas, membuka produktivitas, serta meningkatkan skill. Microsoft 365 Copilot saat ini masih dalam tahap testing terhadap sejumlah pelanggan komersil yang dipilih.


Microsoft 365 Copilot akan bekerja pada aplikasi Microsoft 365 serta bisa digunakan dalam dua cara:


1. Pertama, AI ini akan tersedia di dalam aplikasi Microsoft 365 yang sering digunakan orang sehari-hari – Word, Excel, Powerpoint, Outlook, Teams, dsb.


2. Kedua, perusahaan Microsoft mengumumkan sebuah fitur terbaru bernama Business Chat. Fitur ini bekerja secara keseluruhan pada LLM, aplikasi Microsoft 365, dan juga kalender, email, chat, dokumen, meetings, dan contact untuk melakukan suatu hal yang tidak pernah bisa dilakukan sebelumnya. Dengan perintah bahasa yang kita gunakan sehari-hari seperti “Beritahu tim saya bagaimana cara mengupdate strategi produk” Business Chat akan menghasilkan sebuah pembaruan status berdasarkan data meeting pagi, email, dan history chat.


Baca Juga : Cara Menghapus File Secara Permanen di Komputer/Laptop Menggunakan Eraser


Dengan hadirnya Copilot, para pelanggan akan selalu bisa mengontrol. Pelanggan bisa menentukan apa yang harus disimpan, dimodifikasi atau dibuang. Dengan tools terbaru ini, orang-orang bisa menjadi lebih kreatif di Word, Lebih analitik di Excel, lebih ekspresif di Powerpoint, lebih produktif di Outlook dan lebih kolaboratif di Teams.


Pada dasarnya Microsoft 365 Copilot adalah sebuah AI yang terintegrasi dengan aplikasi yang digunakan orang-orang sehari-hari.


Microsoft 365 Copilot adalah sebuah AI yang terintegrasi dengan aplikasi yang digunakan orang-orang sehari-hari


- Copilot di Word, menulis, mengedit, merangkum dan membuat sesuatu sembari orang-orang tetap bekerja


- Copilot di PowerPoint, membantu pada saat pembuatan presentasi dengan cara mengubah ide menjadi sebuah desain presentasi melalui perintah bahasa sehari-hari.


- Copilot di Excel, membantu membuka pandangan, mengidentifikasi trend atau membuat data visualisasi yang terlihat profesional dalam waktu singkat.


- Copilot di Outlook, dapat membantu mengelola inbox (kotak masuk) sehingga waktu dapat lebih banyak dialihkan pada komunikasi di dunia nyata.


- Copilot di Teams, membuat meeting menjadi lebih produktif dengan dibuatnya ringkasan meeting secara real-time serta item-item yang harus dilakukan sesuai dengan yang sedang dibicarakan.


- Copilot di Power Platform, membantu developer dari segala bidang keahlian mempercepat serta mengefektifkan pengembangan aplikasi dengan tools yang low-code serta dibantu juga dengan 2 kemampuan yang ada didalam Power Apps dan Power Virtual Agents.


- Business Chat, membawa data secara bersamaan dari dokumen, presentasi, email, kalender, notes, dan contact untuk membantu membalas chat, menulis email, menemukan tanggal khusus atau bahkan membuat perencanaan berdasarkan file project lainnya.


Fitur yang sangat kaya serta kemampuannya terintergrasi pada banyak aplikasi yang sering digunakan sehari-hari membuat Microsoft 365 Copilot sangatlah membantu dalam pekerjaan sehari-hari. Kemampuannya juga yang bisa di perintah menggunakan bahasa sehari-hari sangatlah mudah untuk dimengerti oleh semua kalangan.


Microsoft dalam membuat AI juga memperhatikan sejumlah aturan. Mereka berkomitmen pada aturan tentang keamanan data dan privacy dalam perusahaan, berpedoman pada AI Principles dan Responsible AI Standard, dan riset selama beberapa dekade.


Semoga dengan kemunculan AI ini mampu meningkatkan produktivitas serta kreatifitas terutama orang-orang yang berada di perusahaan.