Cara Menghapus File Secara Permanen di Komputer/Laptop Menggunakan Eraser

Cara Menghapus File Secara Permanen di Komputer/Laptop Menggunakan Eraser

File yang sudah tidak digunakan lagi biasanya akan memenuhi ruang di dalam memori komputer dan membuat kinerja komputer menjadi lemot. Guna membuat memori di komputer menjadi sedikit lega, biasanya kita akan menghapus file yang sudah tidak digunakan tersebut. Tapi tahukah kamu? File yang kamu hapus tersebut sebenarnya tidak benar-benar hilang dari komputer. File tersebut hanya “ter-hidden” dan ukuran dari file tersebut akan memudar seiring dengan file-file baru dimasukkan ke dalam komputer anda. Ada kemungkinan file yang sudah dihapus tadi bisa didapatkan kembali dengan menggunakan aplikasi-aplikasi recovery.


Artinya apa yang anda lakukan tadi sebenarnya tidak berpengaruh apa-apa terhadap memori komputer anda yang masih terasa penuh. Selain itu jika file tersebut adalah file yang sangat privasi dan sensitif, ada kemungkinan bisa diambil kembali oleh tangan-tangan jahil dengan menggunakan aplikasi recovery. Maka dari itu diperlukan aplikasi yang bisa menghapus file secara permanen dan tidak bisa di recovery. Aplikasi tersebut adalah Eraser.


Tentang Eraser


Eraser adalah aplikasi keamanan tambahan yang berguna untuk menghapus data-data sensitif dan benar-benar menghilangkannya dari hard drive komputer. Saat ini Eraser hanya dapat dijalankan pada Sistem Operasi Windows saja (Windows XP (with Service Pack 3), Windows Server 2003 (with Service Pack 2), Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7, 8, 10 and Windows Server 2012-2022). Tim project dari Eraser terdiri dari:

Project Admins:
- Garrett Trant (Admin, Researcher)
- Joel Low (Admin, Lead Developer)

Developers:
- Dennis van Lith(UX)

Website resmi sekaligus tempat dimana anda bisa mendownload aplikasinya adalah https://eraser.heidi.ie/


Cara Menggunakan Aplikasi Eraser Untuk Menghapus File Secara Permanen


Menggunakan aplikasi eraser tidaklah sulit dan apabila mengalami kesulitan pun kita bisa melihat petunjuk manual cara menggunakan aplikasi nya di https://eraser.heidi.ie/help/.


Seperti biasa kita harus mendownload terlebih dahulu aplikasi di website resmi nya, pilih aplikasi eraser yang versi terbaru. Kemudian instal aplikasi nya. Setelah di instal maka saatnya kita menggunakannya untuk menghapus secara permanen file yang ada di komputer.


Buka Explorer, lalu pilih file atau folder yang ingin anda hapus (Bisa memilih lebih dari satu). Setelah dipilih kemudian klik kanan lalu pilih Eraser > erase.


Cara Menggunakan Aplikasi Eraser Untuk Menghapus File Secara Permanen

Tunggu beberapa saat untuk aplikasi Eraser bekerja menghapus file anda. Progress nya bisa anda lihat langsung di aplikasi.


Setelah progress nya selesai, Selamat! File tadi sudah terhapus secara permanen dari hard drive. Sangat mudah sekali bukan menggunakan aplikasinya?


Jika masih terdapat kendala atau bingung terhadap penggunaan aplikasinya, anda bisa membaca petunjuk penggunaan yang ada di website resminya. Kalau masih bingung juga silakan berkomentar dibawah terkait kendala yang anda hadapi. Secepatnya akan saya bantu atau mungkin ada orang lain yang membantu menjawab masalah anda.