Cara Transfer File Antar Komputer Tanpa Flashdisk Menggunakan Homegroup

Di jaman yang serba canggih seperti sekarang ini, melakukan transfer file antar komputer tidak mesti harus menggunakan perangkat penyimpanan seperti flashdisk, harddisk, dan sejenisnya. Cukup menggunakan fitur default yang sudah terpasang di windows yang bernama Homegroup, kita bisa saling berbagi file antar komputer dengan lebih mudah dan efisien.

Sebenarnya ini adalah cara lama, mengingat fitur homegroup ini sendiri sudah ada sejak jaman windows 7 dahulu kala. Namun tetap saja di zaman milenial seperti sekarang ini, masih banyak para pengguna komputer yang tidak mengetahui akan hebatnya salah satu fitur yang ada di windows ini.

Homegroup

Sebelum kita memulai pengiriman file antar komputer menggunakan homegroup, ada peralatan yang harus dipersiapkan sebagai berikut.

1. Jaringan Wireless/WiFi

Syarat paling utama dan terpenting yang harus dimiliki agar bisa menggunakan fitur homegroup ini adalah jaringan wireless atau yang biasa kita kenal dengan wifi. Lalu apakah bisa menggunakan jaringan LAN? Sepertinya bisa, namun saya belum mencobanya dikarenakan terbatasnya fasilitas yang ada di rumah saya.

Baca juga: Contoh Kode Program C++ (Menghitung Luas Bangun Datar)

Untuk bisa mendapatkan Jaringan wireless atau wifi Tidak mesti harus berlangganan Indihome terlebih dahulu atau provider lain yang memiliki fasilitas tersebut (jelaskan lagi). Wifi bisa didapatkan hanya dengan menggunakan fitur “Hotspot” yang ada di dalam smartphone kita masing-masing.

Jangan takut untuk kehabisan kuota, karena fitur “Homegroup” tidak menggunakan internet sama sekali. Ia menggunakan jaringan wireless hanya sebagai jembatan penghubung antara satu komputer dengan komputer yang lainnya. Namun, Untuk lebih amannya anda bisa mematikan data seluler dan membiarkan hotspot tetap hidup.

2. Dua atau lebih komputer

Syarat yang selanjutnya harus dipenuhi adalah dua atau lebih komputer yang digunakan untuk berbagi file nanti.

Setelah kedua syarat di atas telah terpenuhi, silahkan simak langkah-langkah untuk mengirim file melalui homegroup di bawah ini.

1. Hidupkan terlebih dahulu hotspot smartphone anda.
2. Sambungkan kedua komputer atau lebih ke dalam jaringan hotspot smartphone anda tadi.
3. Pada komputer pengirim file :
  • Buka Control panel, lalu pergi ke”Network and Sharing Center”, Pastikan pilihan koneksi anda adalah “Home/Private” Bukan Public.
  • Pada bagian homegroup, klik “Ready to create”.
Cara menggunakan homegroup dari komputer pengirim
  • Klik “Create a homegroup”.
  • Pilih jenis file apa saja yang ingin anda bagikan.
  • Akan keluar password, biarkan tampilannya seperti itu.

4. Pada komputer penerima file:
  • Buka Control panel, lalu pergi ke”Network and Sharing Center”, Pastikan pilihan koneksi anda adalah “Home/Private” Bukan Public.
  • Pada bagian homegroup, klik “Available to join”.
Cara menggunakan homegroup dari komputer penerima
  • Klik “Join now”.
  • Pilih jenis file apa saja yang ingin anda terima.
  • Masukkan password dari komputer pengirim tadi.
  • Anda sudah masuk ke jaringan homegroup.

5. Pada komputer pengirim file, Cari file/folder yang ingin anda bagikan, klik kanan > share with > Homegroup (read/write).


homegroup read/write

6. Pada komputer penerima, buka windows explorer, kemudian buka homegroup, dan anda akan melihat file yang dibagikan dari komputer pengirim tadi. Silahkan anda copy-paste lalu letakkan dimana saja yang anda inginkan.


Copy-paste file homegroup

Copy-paste file homegroup 2


7. File anda sudah terkirim!
    File homegroup sudah terkirim

Itulah tadi cara mengirim file antar komputer menggunakan homegroup. Jika anda punya pertanyaan terkait hal-hal yang sudah dijelaskan di atas, silahkan tanyakan di kolom komentar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Transfer File Antar Komputer Tanpa Flashdisk Menggunakan Homegroup"

Post a Comment