Kenapa Cewek Lebih Suka Bergosip Daripada Cowok?

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa yang namanya cewek memang paling hobinya bergosip atau kalo bahasa daerah bengkulu nya "ngupek". Para cewek biasanya bergosip tentang hubungannya dengan orang lain, entah itu masalah pacar, keluarga, atau masalahnya dengan orang lain.

Sebenarnya bukan hanya cewek sih yang suka bergosip, namun terkadang para lelaki (contohnya saya) sering juga bergosip ria bareng sama teman laki lainnya, namun berbeda denan cewek yang sering jadi topik bahasan biasanya gak jauh-jauh dari cewek, teman cowok yang sedang tidak masuk sekolah, atau juga bahas salah satu orang teman yang biasanya sering jadi bahan bully-an di sekolah.

cewek bergosip

Tapi sehebat-hebatnya kaum cowok bergosip, tetap saja bergosip adalah kegiatan menyenangkan yang lebih sering dilakukan oleh cewek dan gak ada yang bisa ngalahin kehebatan dan jagonya cewek dalam urusan gosip hehe...

Sebelum membahas Kenapa Cewek Lebih Suka Bergosip Daripada Cowok, mari kita simak terlebih dahulu perbedaan pola pembicaraan antara cewek dan cowok.

Ada suatu pola yang membedakan isi pembicaraan cewek dan cowok kalo lagi ngumpul bareng teman-temannya. Mungkin ada juga beberapa sobat disini yang secara tidak sengaja menyadari tentang pola ini.

Pertama kita bahas pola pembicaraan yang cowok dulu...


  • Pertama kali ngumpul, seperti biasa diawali dengan pertanyaan umum dan basa-basi, seperti ada PR gak hari ini? Besok jadi libur? Ibu BK datang gak hari ini?
  • Selanjutnya pembicaraan beralih ke tentang hobi dan kesukaan, biasanya hal yang diobrolin tentang bola, olahraga, atau tentang games. Disini obrolan sudah sangat seru dan diwarnai dengan saling hujat-menghujat, caci-mencaci, olok-mengolok antara satu kubu dengan kubu lainnya :v biasanya juga pembicaraan sudah berakhir sampai disini.
  • Selanjutnya apabila pembicaraan masih berlanjut, mereka biasanya ngobrolin/ngegosipin tentang salah satu teman mereka. Biasanya sih teman yang sedang gak masuk atau teman yang memang selalu menjadi bahan bully-an di kelas. Tapi, berbeda dengan cewek pembicaraan tak berlangsung lama dan dibuat hanya untuk sekedar menjadi candaan sesaat.


Selanjutnya kita bahas pola pembicaraan cewek...

1. Pertama kali ngumpul topik bahasannya tentang hal-hal yang bersifat umum

Contoh:

  • Ehh.. udah lama gak ketemu, gimana kabarnya?
  • Oh ya besok ada PR gak?
  • Ada yang mau ke kantin?
  • dan lain sebagainya.

2. Kemudian topik pembahasan mulai sedikit demi sedikit mengarah ke arah gosip

Biasanya mereka bakal mengomentari tentang diri sendiri atau mengomentari salah satu teman yang lagi ngumpul bareng dia.
Contoh :

  • Eh... Jilbab gua udah rapi belum?
  • Ihh... udah kurusan sekarang yaa...
  • Ciee yang besok anniversary... :v
  • dan lain sebagainya.

3. Selanjutnya, pembicaraan memasuki bagian inti

Di bagian inilah pembicaraan udah semakin seru dan akhirnya terjadi peristiwa bergosip ria yang sangat dinantikan haha...
Contoh :

  • Girls, udah pada tau belum, si Jodi udah jadian sama Hana lohh....
  • Eh liat deh foto si Putri sama pacarnya, iwhh.. GAK BANGET!....
  • Heh, kemaren gua ketemu sama si Rini, sombong banget dia udah gak mau negur lagi, berasa udah kayak senior aja padahal masih adek kelas, cuih!
  • dan lain sebagainya.

4. Ini adalah bagian penutup yang berisikan saran, kesimpulan, dan nasehat hehe...

Biasanya sih kata-kata bijak banyak yang keluar di sini haha...
Contoh :

  • Gapapa lah dia ngomel-ngomel di sosmed, toh dia kan baru putus, jadi wajar lah...
  • Ihh.. kalo gue jadi Rini gak bakalan mau deh gua sama cowoknya yang playboy itu, liat sekarang kan dia diputusin tanpa sebab.
  • Makanya kalo jadi orang itu baik-baik, biar gak dibenci sama yang lain.

Sudah dilihat kan perbedaannya di atas? Memang terlihat jelas sekali perbedaan pola pembicaraan antara cewek dan cowok, yang mana cewek lebih banyak ngegosip nya dibandingkan cowok. Lalu kenapa bisa begitu? Kenapa bisa cewek lebih suka ngegosip dibandingkan cowok?

1. Cewek Bergosip untuk Menjalin Pertemanan

Aneh? Mungkin bagi laki-laki itu sangatlah aneh karena bagaimana bisa gosip dijadikan bahan untuk menjalin pertemanan dengan orang lain. Tapi begitulah realitanya. Saya juga tidak mengerti dengan hal itu. Tapi menurut salah satu teman cewek saya (teman yaa bukan pacar haha) hal itu memang sudah biasa dan lumrah terjadi di kalangan perempuan sebagai makhluk yang sangat sulit untuk dimengerti haha.

2. Cewek Bergosip untuk menghilangkan stres

Seperti sudah naluri untuk para cewek kalo mereka sedang berkumpul, maka mereka akan saling bercerita bersama teman-temannya. Seperti biasa pembicaraannya pasti ujung-ujung nya mengarah ke ngegosipin orang lain.

Ada sebuah penelitian di University of Pavia, Italia menyebutkan bahwa pada saat bergosip, tubuh melepaskan hotmon oksitosin/hormon bahagia. Dari 22 responden wanita, hormon ini hanya terlhiat aktif saat mereka sedang bergosip dan tidak menunjukkan aktivitas serupa jika topik pembicaraannya tentang hal lain, seperti membahas cuaca hari ini, tugas yang diberikan sekolah, atau yang lainnya.

Oleh karena itu, wajar apabila cewek menghilangkan stres mereka dengan cara bergosip. Lain hal nya dengan cowok, biasanya mereka jika mempunyai masalah akan lebih memilih untuk menyendiri untuk mencari solusi untuk masalahnya atau melakukan aktivitas yang bisa membuat mereka sejenak melupakan masalah yang sedang dihadapinya.

3. Bergosip Merupakan Guilty Pleasure

Para cewek pasti tahu bahwa yang namanya membicarakan keburukan orang lain merupakan hal yang salah. Namun mereka tetap saja melakukannya karena bergosip memiliki perasaan bersalah yang menyenangkan (guilty pleasure). Sama halnya juga ketika kita tetap saja makan fast food saat kita tahu bahwa kita sedang diet.

4. Wanita Berbicara Lebih Banyak Daripada Pria

Menurut penelitian, wanita berbicara 3x lebih banyak dibandingkan pria. Hasil penelitian ini merupakan fakta yang benar-benar fakta yang menjelaskan alasan kenapa cewek lebih suka bergosip daripada cowok.

Selain itu menurut penelitian yang lain, wanita memliki kecerdasan linguistik (kecerdasan berbahasa) yang lebih tinggi dibandingkan cowok sehingga hal ini juga yang membuat cewek terkenal dengan “cerewet” dan juga senang bergosip.

Itulah tadi pembahasan tentang Kenapa Cewek Lebih Suka Bergosip Daripada Cowok. Semoga dengan apa yang sudah dijelaskan di atas, kita menjadi sadar diri dan berniat untuk tidak lagi bergosip apapun yang terjadi. Berat? Ya memang berat, karena yang namanya mengubah kebiasaan itu memang berat.

Namun apa salahnya sih kita mencoba? Dengan mencoba berarti kita sudah membuat satu langkah kecil untuk perubahan besar kita nanti. Cobalah untuk mengurangi bergosip kalau lagi ngumpul dengan teman-teman. Mulailah untuk mencari pergaulan yang baik, yang kalau lagi ngumpul bukan hal-hal buruk dan sia-sia seperti bergosip yang dibicarakan. Namun mereka yang kalau lagi ngumpul membicarakan tentang kebaikan dan hal yang bermanfaat.

SEMOGA BERMANFAAT!!!

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Kenapa Cewek Lebih Suka Bergosip Daripada Cowok?"