Kenapa 1000 Orang yang Berpengaruh Bisa Kalah dengan 1 Orang yang Terkenal?

Halo sobat sekalian. Sebenarnya saya sedikit kebingungan saat ingin memberi judul pada artikel ini. Karena topik yang dibahas bisa dibilang sangat jarang dan mungkin tidak terpikirkan sama sekali dengan kita (Bahkan saya). Jadi saya beri saja judul seperti di atas.

Lalu maksud judul di atas apa?

Sebelum saya jelaskan maksud judul di atas, saya ingin bercerita sedikit mengapa saya menulis artikel ini. Jadi begini sobat, suatu hari saya sedang menonton televisi. Lalu pada saat itu ada acara Big Movies yang cukup terkenal di Global TV yang berjudul : Fantastic Four.

Ada satu adegan dialog yang membuat saya tertegun dan saya seperti disetrum oleh listrik ketika mendengarnya (Alay ah hehe). Dialog itu kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia kira-kira seperti ini.
Semua orang pasti tahu siapa manusia yang pertama kali mendarat di bulan.

Tapi apakah mereka tahu siapa saja orang-orang yang membuat roketnya agar manusia tersebut bisa sampai ke bulan?
Kurang lebih begitulah dialognya. Dialog itu sangat singkat. Tapi cukup bisa membuat saya menjadi tertegun untuk beberapa saat dan membuat saya bertanya pada diri sendiri, Kenapa 1000 Orang yang Berpengaruh Bisa Kalah dengan 1 Orang yang Terkenal?

Okelah Neil Armstrong dan Buzz Aldrin (Orang yang pertama kali pergi ke bulan) memang memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan dengan para pembuat roket Apollo (Roket yang digunakan untuk membawa Neil Armstrong dan Buzz Aldrin ke Bulan). Tapi kenapa hanya Neil Armstrong dan Buzz Aldrin saja yang terkenal dan dikenal? Bagaimana dengan para teknisi yang mengatur jalannya roket? Atau bagaimana dengan para pembuat roketnya?

Kenapa 1000 Orang yang Berpengaruh Bisa Kalah dengan 1 Orang yang Terkenal?

Pertanyaan ini selalu menghantui saya. Entah itu saat sedang melamun, ataupun saat sedang beraktivitas. Mungkin kamu juga termasuk orang yang dihantui dengan pertanyaan ini?

Setelah berfikir dan berfikir, mengamati dan mengamati, akhirnya saya mendapatkan 2 Faktor Penyebab Kenapa 1000 orang berperngaruh kalah dengan 1 orang yang terkenal. Berikut adalah faktor penyebabnya.

1. Kebanyakan Manusia lebih senang memperhatikan sesuatu yang dominan atau berkesan dalam Pengamatannya

Kebanyakan Manusia lebih senang memperhatikan sesuatu yang dominan atau berkesan dalam Pengamatannya

Maksudnya begini, coba ingat-ingat kembali kejadian yang baru kamu alami hari ini.

Apa saja yang kamu ingat?

Pasti hanya beberapa kejadian saja yang bisa kamu ingat bukan?

Ya itulah maksudnya sobat. Tidak semua hal yang terjadi saat itu bisa kamu ingat persis sama. Saya ambil contoh lagi. Coba kamu ingat-ingat kembali kejadian saat kamu sedang menembak/ditembak si doi? (mohon maaf bagi yang jomblo hehe... admin juga jomblo kok...)

Pastilah sebagian besar yang kamu ingat adalah:

  • Suasana cemas yang kamu alami
  • Raut wajah si doi saat lagi menembak/ditembak
  • Suasana keramaian saat orang-orang sedang melihat prosesi penembakan (bahasanya itu loh hehe...)
Tapi apakah kamu bisa mengingat hal-hal seperti ini saat sedang menembak/ditembak:

  • Baju dan celana warna apakah yang sedang dipakai si doi atau sama kamu?
  • Sepatu warna apa yang kamu atau si doi pakai waktu itu?
  • Kalau berhijab, hijab warna apa yang dipakainya?
  • Apa saja kata-kata yang kamu ucapkan saat sedang menembak/ditembak?
  • Apa saja kata-kata yng dikeluarkan orang-orang saat sedang menyaksikan kamu menembak/ditembak?

Saya yakin 1000% (Udah sangat yakin ini loh hehe..) tidak akan ada dari anda yang mampu menjawab semua pertanyaan itu dengan LENGKAP :)

Itu adalah salah satu contoh nya saja. Masih banyak lagi contoh lainnya seperti ketika anda baru pulang dari kantor. Pastilah anda hanya mengingat beberapa kejadian saja saat sedang di kantor. Itu semua karena kebanyakan dari kita (manusia) lebih senang memperhatikan sesuatu yang dominan/berkesan dalam pengamatan kita.

2. Pengaruh Media Massa

Pengaruh Media Massa

Faktor selanjutnya adalah karena pengaruh dari media massa. Inilah faktor yang PALING berpengaruh yang menyebabkan 1 orang yang terkenal akan kalah dengan 1000 orang lainnya yang juga ikut berpengaruh.

Seperti yang kita ketahui bahwa sejak dulu memang media massa adalah 'alat' pendongkrak popularitas yang paling ampuh. Media massa juga memiliki peran penting dalam merekam dan mendokumentasikan berbagai macam peristiwa sejarah di masa lampau serta kejadian di masa kini.

Kita ambil contoh dari peristiwa manusia pertama kali mendarat di bulan. Ketika masyarakat sudah banyak yang melihat Neil Armnstrong dan Buzz Aldrin tadi di berbagai siaran media massa, maka mereka akan dianggap "dominan" dibandingkan dengan orang-orang yang lainnya yang juga ikut berpengaruh.

Sehingga masyarakat pun beranggapan bahwa hanya mereka saja lah yang patut untuk diingat dan dikenang jasanya. Padahal ada ribuan orang-orang di belakangnya yang juga ikut berpengaruh besar terhadap kesuksesan mereka berdua.

Itulah tadi 2 Faktor yang menyebabkan Kenapa 1000 Orang yang Berpengaruh Bisa Kalah dengan 1 Orang yang Terkenal. Semoga apa yang telah dibaca bisa bermanfaat bagi diri anda sendiri dan terlebih lagi bisa bermanfaat bagi orang lain dengan cara membagikan (share) artikel ini.

Sebelum saya tutup, saya punya sebuah quote yang semoga nantinya bisa terkenal hehe...
Ketika anda telah menjadi orang besar dan sukses nantinya. Jangan pernah lupakan siapa-siapa saja orang yang telah membantumu. Walaupun bantuan itu hanyalah sekedar membayari makan di warung. Walaupun bantuan itu hanya sekedar mengantarkan dari rumah sampai ke sekolah. Hargailah sekecil apapun bantuan itu. Karena dari bantuan-bantuan kecil itulah kamu bisa menanjak naik hingga menjadi seperti sekarang.

-Rahmat Hidayat

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Kenapa 1000 Orang yang Berpengaruh Bisa Kalah dengan 1 Orang yang Terkenal?"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. oh, begitu ya gan. jadi ngerti ane sekarang. thank.

    ReplyDelete
  3. Tulisan yang kreatif serta menginspirasi gan

    ReplyDelete
  4. Begitu rupanya gan.terus berkreasi

    ReplyDelete
  5. Bener banget kebanyakan orang selalu melihat penggunanya bukan yg membuatnya

    ReplyDelete
  6. ah iya, bener juga ya, tapi ya tep harus berusaha dan bersyukur aja :D

    ReplyDelete
  7. padahal kalau dipikir-pikir orang yang berada dibelakang layar itulah sebenarnya juga harus diangkat bersama 1 orang yang sukses itu

    ReplyDelete
  8. Info dikit nih bro, sebenarnya yang mendarat di bulan pertama kali itu 3 orang, yaitu, Neil Armstrong, Buzz Aldrin, sama Yuri Gagarin (orang rusia nih). Cuma, yang sempat nginjak bulan waktu itu cuma Armstrong sama Aldrin. Gagarin nunggu di roket untuk jagain keadaan dalam roket. Itu aja udah menjadi bukti nyata bahwa pengaruh Gagarin dalam ekspedisi ke bulan pertama kali nggak se-terkenal Armstrong sama Aldrin cuma karena media nggak terlalu menyorot Gagarin.

    ReplyDelete